Kamis, 13 Desember 2012

Love Is Ngaco #1


           Minggu pagi di kota Mataram. Kota kecil dengan segudang keindahan yang ditawarkan. Rindangnya pepohonan disepanjang jalan, menambah kesan sejuk pada kota kecil ini. Hingar bingar dan asap kendaraan yang biasanya memadati kota pun tidak terlihat. Semua aktifitas tanpa kendaraan bermotor tumpah ruah di sepanjang Jalan Udayana. Seperti para pedagang kaki lima yang berkumpul di satu tempat dan menjajakan dagangannya, ada juga yang jogging dan lari-lari kecil, bermain basket, ataupun menghabiskan waktu bersama pacar untuk sekedar sarapan atau hanya duduk melihat sekeliling. Suasana minggu pagi yang begitu akrab dengan Kota Mataram begitu juga dengan Pulau Lombok.

            “Hallo?” sapa Didit ketika hapenya berdering.
            “Eh Dit, udah nyiapin perlengkapan buat MOS belum?” Tanya Danu – Sahabat Didit – dengan nada yang sedikit panik.
            “Emm belum, agak maleman kayanya. Lagian ini masih pagi banget Dan.” Jawab Didit dengan suara berat.
            “Yaampun, Jam 10 gini kamu masih bilang pagi. Yaudah jangan nyesel ya kalau ntar tokonya udah pada tutup!” Danu dengan suara yang sedikit kesal.
            “Hoaaamm….” Tanpa menjawab sepatah katapun Didit menguap mengisyaratkan masih mengantuk.
            “Karpett!!” Danu semakin kesal dan menutup telponnya.

            Hari ini adalah hari terakhir mencari perlengkapan buat Masa Orientasi Siswa, sebelum esok harinya plonco-plonco maksimal dilakukan serentak oleh semua SMA di Mataram. MOS terkadang dijadikan ajang balas dendam oleh sebagian kakak senior yang dulunya pernah dijajah ketika masih menjabat sebagai junior, tentunya masih dalam konteks plonco yang manusiawi. Ketika datang saatnya menjadi senior, mereka tak jarang melampiaskan kekesalan itu kembali ke juniornya, semacam warisan yang isinya cuma kertas pembungkus kacang doang. Udah tahu nggak berguna masih aja diwariskan ke generasi selanjutnya. Yah semua perploncoan itu seperti dua sisi mata uang yang berbeda. Disatu sisi ada yang berniat sebagai ajang balas dendam dan ada juga yang berniat sebagai ajang melepas masa jomblo #ModusJomblo.

            Pukul 8 malam. Didit mulai disibukkan dengan acara mencari perlengkapan buat MOS esok hari. Didit adalah seorang penganut aliran yang doyan ngelakuin segala hal dengan buru-buru. Bagi Didit, terkadang sesuatu yang dikerjakan terburu-buru dapat menimbulkan keajaiban. Seperti tugas fisikanya tahun lalu, ada 10 nomor dengan tingkat kesulitan maksimal dan Didit sukses menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 30 menit. Ajaibnya tugas itu ternyata nggak sempat di koreksi, dan serentak seluruh kelas pun diberikan nilai 8. Buat Didit yang mengerjakan tugas itu kurang dari 30 menit tentu saja ia tidak sedikit pun merasa kecewa. Karena seharusnya nilai 0 yang pantas ia dapat. Like a miracle isn’t?

            “Iya, Dit? Ada apa?” jawab Danu dari seberang telepon.
            “Eh Dan kamu sibuk nggak? Bantuin nyari perlengkapan MOS dong, bingung banget nih Dan” rayu Didit di telpon.
            “Hoaaammm saya udah ngantuk Dit. Besok pagi aja” nada Danu meledek Didit karena masih sedikit kesal.
            “Ehh sorry Dan, saya nggak kamsud kaya gitu tadi pagi, saya masih ngantuk gara-gara nonton bola semalem. Kamu kan tau sendiri semalem MU main.” Didit coba menjelaskan dengan panjang lebar dan dengan sedikit memelas.

            Didit memang paling doyan yang namanya nonton bola, tapi kalau disuruh main bola entah kenapa kakinya kaya nggak pernah kenal sama bola. Dari jaman SMP juga gitu, kalau ada acara nonton bareng Didit paling semangat dan selalu bela-belain telat masuk kelas cuma gara-gara nobar nggak manusiawi buat seukuran anak SMP, jam 2 pagi. Didit suka banget sama Manchester United, dan ketika MU main, dia nggak pernah absen buat nonton. Apalagi kalau udah saatnya MU ganti jersey. Dia bakalan pantengin kaskus dan nyari lapak yang ngejual jersey MU yang baru, dan parahnya cuma gara-gara jersey itu dia rela mecahin si jago – celengan Didit –  yang udah dia kumpulin dari jaman matanya ingusan sampai sekarang jaman hidungnya mulai belekan.

            “Yaudah, saya ngerti Dit. Nggak usah melas gitu. Tadi sebenernya pengen beli cuma satu, tapi karena udah hafal sama kebiasaanmu, jadi saya jadi beli semua barangnya dua. Sekarang kamu ke rumah aja, barang-barangnya udah siap. Tinggal di bungkus”  jelas Danu.
“Kamu emang sahabat saya yang paling baik Dan. Oh iya kamu mau minta dibeliin apa? Mumpung ntar lewat indomart” tawar Didit.
            “Udah nggak usah repot-repot” jawab Danu “2 Lays, 2 Chitato, sama 2 pepsi aja udah cukup kok” Danu menambahkan kata-katanya tadi dengan terkekeh-kekeh.
            “Yeeh saya kirain nggak mau nitip apa-apa, karpett lah. Oke Dan cuss ke TKP nih” sambung Didit dan menutup teleponnya.

            Sahabat memang selalu dateng di waktu yang tepat, sahabat memang selalu tau apa yang kita butuhkan, dan sahabat memang selalu semena-mena ketika ditawarkan sesuatu. Seolah-olah itu semua adalah sebuah dinamika yang nggak bakalan bisa dipisahkan selama sahabat sudah kita anggap sebagai keluarga. Sahabat nggak bakal lekang oleh waktu, dan nggak bakal habis dimakan jaman. Sahabat terkadang terjalin karena seringnya kita bertemu dan seringnya kita menghabiskan waktu bersama. Sahabat itu another keluarga, cuma yang ngebedain itu nggak ada yang jadi bapak atau nggak ada yang jadi ibu, nggak ada yang pakai seragam PNS dan nggak ada yang pake daster atau wedges.

Bersambung...

4 komentar: